Kabar Ma'had Izzatuna

Usbu’ Ta’aruf Momentum Saling Mengenal

NASEHAT: Pimpinan Ma'had Izzatuna Putri Ust. Solihin Hasibuan menyampaikan pesan dan masehatnya kepada para santriwati dalam acara Usbu' Ta'aruf. (foto: abu mumtaz/maizzputri)
NASEHAT: Pimpinan Ma'had Izzatuna Putri Ust. Solihin Hasibuan menyampaikan pesan dan masehatnya kepada para santriwati dalam acara Usbu' Ta'aruf. (foto: abu mumtaz/maizzputri)

IZZATUNA – Sudah menjadi hal lumrah, bagi setiap sekolah menggelar kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didiknya atau masa orientasi di setiap awal tahun pelajaran baru. Hal ini juga yang dilakukan di lembaga pendidikan Ma’had Izzatuna Putra dan Putri Palembang. Hanya saja, seluruh rangkaian kegiatannya jauh berbeda dengan yang biasa digelar di sekolah-sekolah pada umumnya.

Masa orientasi santri baru di Ma’had Izzatuna, lebih dikenal dengan sebutan Usbu’ Ta’aruf dari Bahasa Arab yang memiliki arti Pekan Perkenalanan. Kegiatan Usbu’ Ta’aruf di Ma’had Izzatuna Putri dilaksanakan mulai 24-27 Juli kemarin. Banyak hal yang diperkenalkan pimpinan pesantren beserta jajaran pengasuhnya.

Mudir Ma’had Izzatuna Drs H Solihin Hasibuan, M.Pd.I menjelaskan, kegiatan Usbu’ Ta’aruf merupakan agenda rutin tahunan yang wajib dilaksanakan di Pesantren Izzatuna. Hal itu kata dia, tak lepas dari pentingnya mengenalkan Ma’had Izzatuna secara menyeluruh kepada santrinya yang baru.

“Usbu’ Ta’aruf bertujuan mengenalkan santri baru mengenai tatacara dan aturan apasaja yang ada di Ma’had Izzatuna. Sehingga usai kegiatan diharapkan para santri haru dapat segera beradaptasi dengan kehidupan pesantren,” beber Ust. Solihin.

Dijelaskan Ust. Solihin, seorang santri harus harus dipahamkan betul mengenai kehidupan di pesantren. Pesantren lanjutnya, bukan tempat lomba makan enak. Selain itu, pesantren bukanlah tempat lomba tidur dan bersantai-santai.

“Kalau mau makan enak, restoran tempatnya. Lalu, mau lomba tidur itu di hotel tempatnya. Kalau di pesantren harus berdisiplin, ikuti peraturan serta hormat pada ustadz, dan ustadzah,” ujarnya.

Disamping itu, ketua panitia kegiatan, Ust. H. Asnawi, Lc menambahkan, kegiatan Usbu’ Ta’aruf sendiri diselenggarakan selama empat hari dengan berbagai materi meliputi, sejarah berdirinya pesantren, adab dan akhlak, adab makan minum, para berpakaian seorang muslimah, adab terhadap guru dan lain sebagainya.

“Para pemateri adalah para ustadz dan ustadzah Ma’had Izzatuna Putri,” ujarnya.

Santriwati yang mengikuti kegiatan sambungnya, terdiri dari santriwati jenjang SMP dan SMA. “Seluruh santriwati ikut terlibat dalam kegiatan ini, baik yang baru maupun lama,” tukasnya.(abumumtaz)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

mahadizzatuna

TERBANYAK DIBACA

To Top